Niat Puasa Senin Kamis​

Sobat nubrand kali ini saya akan membahas sedikit bab tentang agama yaitu puasa, walaupun kita maniac gaming tetapi kita harus selalu ingat dan tidak melupakan agama sobat, nah mari kita simak kajian tentang puasa senin dan kamis berikut ini

Puasa senin kamis adalah amalan sunnah. Ketika hari Senin, Rasulullah SAW selalu berpuasa dan melakukannya juga pada hari Kamis. Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata, “Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad). Dapat diketahui bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari istimewa untuk umat Islam. Karena pada hari Senin dan Kamis, amalan seseorang akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Syaikh Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa Senin dan Kamis. Berikut ini hadisnya dari Aisyah Radhiyallahu Anhu, “adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan  Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Apabila kamu ingin menunaikan anjuran Rasulullah SAW untuk berpuasa senin kamis, di bawah ini terdapat niat dan manfaat puasa senin kamis.

1. Niat Puasa Senin Kamis

Untuk bacaan niat puasa senin kamis bisa dibaca pada senin atau kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, dan melakukan hal yang bisa membatalkan puasa. Nah, untuk bacaan doa niat puasa senin kamis dibagi menjadi dua. Khusus dibacakan untuk senin dan juga khusus untuk Kamis, berikut ini bacaan doa niatnya:

Bacaan Niat Puasa Senin:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,”

Bacaan Niat Puasa Kamis:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,”

2. Manfaat Puasa Senin Kamis

Ternyata puasa senin kamis memberikan banyak manfaat untuk kamu dari berbagai segi, tidak hanya menambah pahala dan ketakwaan kepada Allah SWT. Manfaat ini dimulai dari kesehatan, kepribadian, bahkan mental. Pertama membuat tubuh menjadi lebih sehat, secara medis telah dibuktikan bahwa dengan berpuasa, sistem pencernaan menjadi lancar dan pastinya sehat. Ditambah, berpuasa senin kamis juga bisa melatih kecerdasan emosional. Jadi kamu bisa mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi. Kedua, mampu menguatkan jiwa, karena puasa sunnah divisualisasikan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan.

Menjalankan puasa bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Nah karena selama berpuasa kamu dituntut untuk melawan nafsu dan bersikap sabar jika dihadapi cobaan. Selain itu, akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga menambahkan keimanan dan ketakwaan. Untuk manfaat selanjutnya, puasa senin kamis ini bisa melatih diri dari kebiasaan buruk yang biasanya kamu lakukan. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kurang menyehatkan, diantaranya kafein, gula, dan makanan-makanan yang kurang sehat lainnya. Sehingga kalau kamu melakukan puasa, konsumsi makanan dann minuman yang kurang menyehatkan tersebut akan menjadi berkurang. Sehingga baik untuk kesehatan kamu. 

Dan terakhir menjadi lebih disiplin dalam segala hal. Karena kamu akan merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, membuat kamu jadi mawas diri dan menghindari segala hal yang bisa menimbulkan dosa dan membatalkan puasa. Puasa senin kamis ini membantumu berlatih untuk melawan hawa nafsu.